Wisata Pulau Untung Jawa

GambarGambar

Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan tempat bagi warga Tangerang dan sekitarnya untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga atau pasangan.

Pulau seluas 40 hektare dengan 2.068 penduduk itu bisa menjadi pilihan tempat untuk menikmati udara pantai berhutan bakau, setelah sepekan bekerja di kota dengan udara yang sudah tercemar asap jutaan kendaraan bermotor.  

Di Untung Jawa, pengunjung antara lain bisa menikmati beberapa wahana air seperti banana boat dan jetski atau berenang, atau bersepeda keliling pulau, sekalian melihat Tugu Arca yang dibuat tahun 1954 untuk memperingati perpindahan warga Pulau Kelor ke Untung Jawa.

Pengunjung bisa menikmati keseruan naik banana boat dengan tarif Rp50 ribu-an per orang.

Gambar

 

Beberapa pengunjung menyatakan memilih mengunjungi pulau itu untuk berlibur karena lokasinya yang relatif lebih dekat dari Jakarta, bisa ditempuh dalam waktu 20 menit menggunakan kapal tradisional yang disebut perahu kerapu dari Tanjung Pasir, Tangerang.

Gambar

Saya bersama delapan rekan saya; Sams, Rodji, Ica, Varin, Ucok, Bryan, Penyu dan Dicky datang dari Tangerang untuk menikmati pantai di Pulau Untung Jawa pada hari minggu. 

Selain murah, kata orang juga bagus, jadi kami coba saja datang kesini untuk liburan, jaraknya juga dekat dari Tangerang.

Warga setempat mengatakan kebanyakan pengunjung Pulau Untung Jawa tertarik dengan pola wisata pulau yang sederhana.

“Kami mempertahankan bangunan tempat tinggal yang sederhana, kelas melati tapi bersih, lingkungannya pun alami, jalan sudah bagus, kami selalu menggunakan barang yang kiranya bisa didaur ulang. Suasananya masih kampung tapi bagus,” jelas salah-satu warga.
 
Sebagian besar pengunjung datang ke Untung Jawa pada pagi hari dan langsung pulang sore harinya. Ada pula pengunjung yang cuma mampir beberapa waktu untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pulau yang lain seperti Pulau Onrust dan Pulau Rambut. waww…😀

Namun bagi pengunjung yang ingin tinggal lebih lama di Untung Jawa, penginapan sudah tersedia di sana. Biaya sewanya relatif terjangkau.

Menurut warga setempat, biaya sewa satu kamar dengan kamar mandi di dalam hanya Rp150 ribu – Rp250 ribu per malam dan sewa rumah berpendingin udara dengan enam kamar tidur sewanya Rp1,5 juta per malam. hhhmm….

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

 

GambarGambarGambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s