Pantai Tanjung Kait


Pantai Tanjung Kait Tangerang Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, mempunyai potensi bahari dengan garis pantai Utara yang panjangnya berkisar 50 KM, dari pantai Dadap sampai pantai Kronjo, meliputi 7 kecamatan : Kosambi, Teluk Naga, Paku Haji, Kronjo, Sukadiri, Kemiri dan Mauk. Salah satu kawasan wisata bahari yang cukup ramai dikunjungi saat liburan, baik liburan akhir pekan atau liburan nasional lainnya, yaitu Pantai Tanjung Kait, yang berlokasi di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Wisata Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait yang berjarak 52 km dari pusat Jakarta atau 29 km dari Kota Tangerang, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat, dengan kondisi jalan yang bagus. Dalam perjalanan menuju Mauk, kita akan disuguhi panorama persawahan yang luas yang berada di dua sisi jalan, dan menyaksikan kesibukan aktifitas pertanian masyarakat Mauk.

Beberapa pabrik penggilingan padi dengan hamparan padi yang dijemur di halamannya, sibuk melakukan aktifitasnya. Sawah-sawah dengan padi yang mulai menguning dan kesibukan para petani yang mulai memanennya, menjadi satu pemandangan yang sudah tidak dapat kita temukan lagi di Jakarta.


Menuju lokasi wisata Tanjung Kait, melalui Jl. Ketapang – Jl. Tanjung Anom setelah tugu Mauk, kita juga akan disuguhi panorama persawahan, perkebunan semangka (musiman), dan juga hamparan tambak – tambak ikan yang ada di sisi kiri – kanan jalan.
Sesampai di Desa Tanjung Anom, di mana lokasi Pantai Tanjung Kait berada, kita dapat melihat Kelenteng Tjoe Soe Kong yang berada di sudut jalan dan tidak jauh ada Hotel Tanjung Kait. Kelenteng Tjoe Soe Kong Tanjung Kait yang berada di pinggir pantai, dibangun 1792 M dan selamat dari bencana tsunami akibat letusan Gunung Krakatau 1883.

Bagan-bagan tempat memancing

Di pantai Tanjung Kait, banyak sekali warung – warung atau rumah makan yang menjual aneka makanan khas laut (seafood), baik yang berdiri di atas pinggir pantai atau yang ada di daratan, dengan ciri khas bangunan terbuat dari bambu. Aneka makanan khas laut seperti ikan, cumi-cumi atau udang, adalah makanan andalan di pantai ini, bertemankan kelapa muda sebagai minuman segarnya.

Wisata yang dapat dinikmati di kawasan ini selain wisata kuliner, tentunya melihat – lihat panorama pantai / laut di sekitar pantai ini, atau bermain air, serta wisata memancing di bagan. Dengan menyewa perahu nelayan yang cukup banyak di sini, kita akan di antar ke bagan untuk menikmati memancing di laut. Tersedia juga penyewaan kapal untuk penyeberangan ke Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kait ke arah barat, kita juga dapat menikmati pantai di sepanjang Karang Serang, tersedia banyak penjual makanan di warung-warung pinggir pantai dan juga menyediakan tempat pemancingan di bagan. Lokasi ini tidak jauh dari BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran) yang berada di Jl. Raya Karang Serang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Yang mempunyai hobi atau ingin mencoba memancing di bagan, silahkan datang ke Pantai Tanjung Kait, di sini tempat yang paling cocok untuk menikmatinya, karena Pantai Tanjung Kait identik sekali dengan wisata memancing di bagan…
Selamat Menikmati Pantai Tanjung Kait..

Berikut adalah beberapa foto yg di ambil selama perjalanan menuju pantai Tanjung Kait;
Tugu Mauk.

Kelenteng

Panorama Pantai.


6 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s