Rekreasi ke Situ Cipondoh


Setiap orang pasti ingin sekali mengisi liburan mereka dengan mengunjungi tempat-tempat rekreasi guna menghilangkan penat setelah sepekan bergelut dengan aktifitas yang melelahkan, namun terkadang keinginan itu berbenturan dengan budget dan waktu.
hhhmmm….. Tapi tidak usah khawatir. karena di Daerah Tangerang (tepatnya Cipondoh) ada tempat rekreasi yang indah juga murah meriah, dan dijamin kepenatan akan hilang ketika semburat senja menyapa saat surya kembali keperaduannya…..

Danau atau Situ Cipondoh lokasinya terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kebayoran Lama, Ciledug dan Tangerang Kota, tepatnya termasuk wilayah Kecamatan Cipondoh dan Pinang, Kota Tangerang. Situ Cipondoh memiliki area seluas 127 hektar. Pada mulanya menjadi tempat berkembang biak eceng gondok dan gulma air lainnya. Saat ini telah berkembang menjadi tempat yang nyaman dan menarik untuk rekreasi keluarga.

Situ Cipondoh memiliki pemandangan yang elok (good view), apalagi pada sore hari saat matahari menjelang terbenam. Saat ini banyak warga sekitar atau datang dari tempat lain untuk berekreasi atau sekedar memancing. Beragam fasilitas sudah tersedia di sekitar Situ Cipondoh, mulai dari rekreasi air, tempat jajan, rumah makan dan sebagainya. Obyek wisata yang tidak jauh dari Jakarta ini perlu pengelolaan lebih profesional.


Partisipasi aktif pemerintah Kota Tangerang yang didukung Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat dibidang pariwisata perlu lebih ditingkatkan lagi. Ketika sektor pertanian dan industri pertumbuhannya sudah stagnan, maka sektor pariwisata perlu mendapat perhatian serius. Kerjasama yang harmonis antara Pemda dengan pengelola industri pariwisata perlu lebih dikembangkan lagi, jangan sampai jalan sendiri-sendiri. Pemda jangan hanya sekedar mengejar pendapatan asli daerah (PAD), begitu pula pengelola tempat wisata jangan hanya mengejar keuntungan sesaat. Situ Cipondoh perlu direhabilitasi, sehingga memiliki fungsi ekowsiata yang optimal, termasuk fungsi hidrologi bagi kawasan sekitar.

Pariwisata seperti tanaman buah yang berumur panjang, untuk menghasilkan buah yang lebat dalam jangka waktu selama mungkin, maka perlu pemupukan, penyiraman, serta pengendalian hama dan penyakit. Begitu pula pariwisata, supaya ‘berbuah lebat’ selama mungkin, maka perlu investasi seperti bidang infrastruktur, pengembangan SDM dan promosi yang berkelanjutan. Selain promosi secara manual, Situ Cipondoh perlu dipromosikan melalui situs web Resmi agar masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi program-program terbaru dari Situ Cipondoh ini.


Gambar diambil pada hari Minggu, 10 April 2011, sekitar pukul 16.30-18.10 wib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s